Senin, 02 April 2012

JENIS JENIS BURUNG KENARI

JENIS JENIS BURUNG KENARI
 
Burung kenari border merupakan burung kenari yang paling populer. Burung ini berasal dan jenis cumberland fancy, dan bersumber dari negara perbatasan (border) antara lnggris dan Skotlandia. Burung ini berbentuk serba “bulat” dilihat dan sudut mana saja. Di dalam pertandingan, bentuk bulat itu sangat menentukan. Di samping itu tingkah burung harus menunjukkan kebiasaan gerak tertentu. Burung kenari border ini mencapai panjang 14 cm.
Gloster
Ini tergolong jenis burung kenari yang dihasilkan dan peternakan akhir-akhir ini. Kenari gloster tergolong lebih kecil, dengan panjang badan tak lebih dan 11 cm. Kenari gloster sengaja diternakkan ke arah jenis yang kecil dan diusahakan agar selalu kecil, sehingga binatang ini tidak boleh lebih dan ± 11 cm saat memasuki pertandingan.
Di dalam gambar-gambar yang dapat dijumpai di buku-buku mengenai burung kenari kita akan dapat melihat bahwa kenari ini memiliki warna kuning dengan bagian sayap putih atau kehijau hijauan, sama seperti bagian ekornya. Pada kepala burung kenari gloster terdapat jambul, tetapi ada juga yang tidak. Burung dengan kepala polos dikenal dengan nama consort.
Norwich
Burung kenari ini mempunyai sejarah sendiri. Penenun - penenun bangsa Flam yang memelihara burung ini pernah melarikan diri ke Inggris, untuk menghindani pembantaian bangsa Spanyol. Mereka tinggal di wilayah Norwich di Norflok (Inggris). Mereka inilah yang menjaga kelestanian burung ini. Burung kenari norwich dewasa ini merupakan burung kenari yang
menanik.

Burung ini mempunyai kelompok bulu yang tebal dan mempunyai bentuk yang serba “bulat”. Dengan dada bidang, punggung pendek lebar, sayap pendek dan ekor pendek, serta paruh juga pendek. Banyak dan burung ini yang memiliki warna hijau yang menanik Sekali. Burung ini jarang yang berwarna putih. Panjangnya antara 15—16 cm.

Cinnamon
Burung Cinnamon dewasa ini mempunyai kesamaan dengan kenari Norwich dan tergolong burung yang menarik. Mereka inilah yang menjaga kelestanian burung ini. Burung ini mempunyai kelompok bulu yang tebal dan mempunyai bentuk yang serba “bulat”. Dengan dada bidang, punggung pendek lebar, sayap pendek dan ekor pendek, serta paruh juga pendek. Sebagian besar burung ini  memiliki warna hijau yang menarik sekali. Burung ini jarang yang berwarna putih. Panjangnya antara 15—16 cm.



Yorkshire
Kenari yang satu ini merupakan jenis yang sangat populer saat ini, kenari yang termasuk jenis ukuran besar (body) sangat digandrungi oleh banyak kalangan pecinta kenari. oleh sebab itu mahar untuk memperoleh kenari jenis Yorkshire (YS) ini tidaklah sembarangan, harga anakannya saja bisa mencapai hampir 1000k bahkan bisa lebih tergantung kwalitas YS itu sendiri. Sebenarnya kategori harga yang cukup mahal dikarenakan faktor jenis kenari yg berasal dari luar negeri (import) . Tidak menutup kemungkinan kenari jenis lain selain Yorkshire ini yang berasal dari (import) lebih mahal  juga dibanding kenari lokal. hanya saja dari bermacam jenis kenari (import) yang ada, kenari dengan nama Yorkshire (YS) ini yang  mungkin lebih populer dalam perduniaan kenari.
Burung kenari ini merupakan hasil persilangan burung kenari Lancashire dan burung kenari Belgia. Bentuk burung ini terkadang digambarkan seperti wortel yang terbalik. Burung ini selalu berdiri tegak, dengan kaki panjang. Dengan keadaan seperti itulah para juri menilai keindahan burung kenari ini. Panjang burung ini kira-kira sekitar 16 cm.
Lancashire
Disebutkan bahwa kenari ini adalah jenis kenari yang terbesar di Inggris. Jenis ini sekarang sudah jarang ditemu kan dalam bentuk aslinya. Burung ini lebih banyak disilang kan dengan jenis lain untuk mendapatkan badan yang besar. Jenis ini ada yang memiliki mahkota atau jambul, dan ada pula yang kepalanya polos

London Fancy
Kenari jenis mi disebutkan telah punah, dan burung kenari mi susah ditelusuri asalnya. Burung mi benar-benar sangat cantik. Bulunya berwarna keemasan yang cemerlang dengan sayap dan ekornya berwarna hitam, yang menaggal kan kontras yang sangat mengesankan. Ini tergolong jenis kenari Inggris yang sudah tua sekali, dan aslinya memiliki bintik-bintik hitam










Fife Fancy
Kenari ini tergolong jenis baru, yang masih muda umurnya baru di pertengahan abad ini Bila melihat gambarnya, burung ini bentuknya sama seperti kenari london fancy, hanya ukurannya kecil, dengan bulu sayap dan ekor berwarna putih. Burung fife fancy mi sebenarnya burung border tetapi ukuran badannya lebih kecil.

Disebut demikian karena bentuk secara keseluruhan praktis sama, kecuali perbedaan ukurannya.
Ukuran burung ini harus tidak lebih dan 11 cm. Burung ini sangat mudah diternakkan dan dapat memberikan variasi bulu yang sangat luas.

Scotch Fancy
Di kalangan penggemar burung di inggris, burung ini di kenal dengan sebutan Bird O Circle, karena formasi dan kepala sampai ke ujung ekor pada waktu dipertandingkan berbentuk setengah lingkaran. Dalam pertandingan ada posisi, gerak, atau bunyi yang harus dipertontonkan oleh burung kenari.

Keadaan yang tidak umum ini ditemukan Secara menonjol di wilayah Skotlandia dan Inggris Utara, Sedang di wilayah selatan burung ini tidak populer. 
Burung Scotch harus memiliki kepala kecil, lebih bulat sedikit dan kepala burung kenari belgia. Lehernya ramping dan pan jang, bahunya terisi penuh namun sempit dan bulat, sayapnya panjang dan menempel kuat ke badan, dan kaki yang panjang kuat terpentang dengan baik.




Roller
Telah disebutkan sebelumnya tentang burung kenari roller ini, yang tergolong merajai jenis burung kenari yang berkicau. Burung ini keturunan burung kenari jerman yang diternakkan seeara besar-besaran di wilayah Pegunungan Hartz. Di pegunungan ini kira-klra 400 keluarga berkecimpung mengembangbiakkan kenari dan melatihnya.
 
Cara lama yang dipakai untuk melatih burung ini adalah dengan memasukkan burung ke dalam sangkar kecil dan membiar kan burung ini mendengarkan suara burung yang dikenal indah suaranya (yang telah menang pertandingan, Misalnya). Tetapi dewasa ini orang menggunakan suara piringan hitam atau pita kaset.

Crest
Kenari Crest Kenari ini tergolong jenis yang tua dan burung kenari, sebab sudah ada di sekitar tahun 1950-an. Mula-mula di kenal dengan nama Turn crown, dan pada permulaan abad ini dikenal sebagai King of the fancy (Raja Fantasi). Mahkota burung.ini haruslah besar dan mengembang dan tengah tengah kepala dan mengembang ke depan sampai ke paruh nya hampir sejajar dengan matanya sehingga mata hampir tertutup.

Mahkota ini juga mengembang ke arah belakang kepala. Mahkota ini harus memiliki bentuk yang baik, luas dan tebal dengan bulu-bulu yang lebat dan lembut. Kenari mahkota adalah burung yang besar dan harus memiliki kepala yang besar, leher yang besar pendek dan badan bidang, sama seperti kenari norwich.Ternyata jenis crest ini ada yang mempunyai mahkota, tetapi ada pula yang memiliki kepala yang polos tanpa mahkota

Frill
Kenari ini dikenal sebagai kenari belanda di abad ke 18, tetapi kemudian muncul berbagai jenis yang menyebar ke berbagai negara. Dewasa ini dikenal Frill dan Belanda, Italia, Paris, sedang pihak Jepang telah menghasilkan jenis yang kecil. Umumnya jenis frill ini tergolong sebagai burung yang besar, sebab panjangnya dapat lebih dan 20 cm.
Ada tiga bagian yang disebut mantle, jabot, dan fin. Mantle (las) adalah bulu-bulu bagian punggung yang membelah di punggung dan jatuh secara sinietnis. Jabot adalah bulu di dada yang berombak dan menggulung ke dalam. Jabot ini harus datang dan tiap sisi dada untuk membentuk suatu ke rutan yang bertemu di bagian tengah bagaikan suatu bentuk kerang yang menutup. Sedang fin adalah bulu-bulu yang panjang, benar-benar berjumbai yang datang dan paha dan bergerak ke atas sekeliling sayap. Kenari frill yang indah dapat menjadi burung yang sangat indah, tetapi kenari yang buruk akan menjadi burung yang memberi kesan ganjil dan aneh karena bentuknya itu. Burung-burung mi tergolong sebagai burung ternak yang baik.
Lizard
Burung kecil yang cantik ini adalah salah satu jenis tertua dari kenari yang telah memiliki sejarah lama. Termasuk “type canary”, Lizard hampir punah pada awal 1900-an. Akibat adanya dua perang dunia dan wabah penyakit, populasi Lizard Canary berkurang hingga hanya menjadi hanya beberapa pasang ketika mulai dikembangkan lagi pada pertengahan 1940-an. Berkat Lizard Canary Association di Inggris Raya, hari ini kenari Lizard bisa berkembang lagi dengan subur dan merupakan salah satu burung kenari..

Lizard Canary (kenari kadal) yang panjangnya sekitar 14 cm ini sangat identik dengan warna bulunya yang menyerupai sisik kadal. Bulu lizard didominasi warna kuning dan warna putih.Lizard Canary dikembangkan di Prancis pada 1700-an. Pada 1945, asosiasi penggemar Lizard dibentuk di Inggris dengan tujuan mengembangbiakkan lagi burung ini dan hari ini Lizard Canary merupakan salah satu jenis burung kenari yang cukup populer.
Spanish Timbrado
Spanish Timbrado Canary adalah varetas terbaru dari “song canary”, dikembangkan di Spanyol pada 1940-an dan 1950-an. Bentuk fisik burung ini menyerupai bentuk asli burung kenari alam karena memang merupakan persilangan antara kenari liar dengan burung finch kicauan Spanyol.

 Kombinasi dari mereka menghasilkan burung yang memiliki nyanyian yang sangat unik. Nama burung ini, seperti halnya suaranya, mengingatkan kita pada ketukan castanyet Spanyol. Meskipun keras, suara burung ini tidak berisik atau memekakkan telinga.

 Meski dikenal dengan lagunya yang bagus, burung ini bisa dinikmati pula pada tampilan fisiknya yang cantik. Mereka dikembang biakkan dari indukan dengan berbagai variasi warna dan memiliki nyanyian yang kristal. Kenari Spanish Timbrado yang baik harus memiliki keseimbangan antara kualitas suara dan variasi lagu. Burung ini memiliki standar suara yang berbeda dengan “song canary” lainnya seperti kenari Roller, American Singer, Russian Singer, maupun Waterslager.
Waterslager
Beberapa pihak menilai bahwa kenari Waterslager memiliki suara dan volume yang khas, memiliki lagu yang indah, corak suara yang lunak dan terkesan nyaring.

Memiliki panjang sekitar 16 cm yang berarti ukuran normal dari seekor burung kenari, pada umumnya kenari jenis ini memiliki warna kuning yang dominan, bulu lembut, serta bentuk paruh sedikit kerucut terkesan lebih lancip dari jenis kenari lainnya.

Identik dengan namanya, Waterslager memiliki suara yang terkesan seperti aliran air (water), Bagaikan aliran sungai yang megalir dan sebening air menetes dsb.

Menurut beberapa sumber  sih... menyatakan, Waterslager meskipun identik dengan air akan tetapi kenari jenis ini termasuk tipe kenari yang malas mandi, jadi si pemilik harus dengan rajin memandikan kenari ini apabila memang terlihat minim aktifitas mandinya, serta saat fisiknya terlihat cenderung kotor karena jarang mandi

Untuk perawatan terutama hindari suhu dingin, udara yang lembab, serta jauhkan dari area yang berangin.



American Singer
Sejarah bermula dari 8 peternak wanita yang membuat klub di Milton, Massachusetts, Amerika Serikat pada tahun 1930an. Tujuan dari klub ini adalah menciptakan jenis kenari yang ideal untuk dijadikan binatang peliharaan untuk penduduk Amerika pada khususnya dan membuat standar kompetisi. Saat ini American Singer Club, Inc., sebuah organisasi resmi yang menaungi jenis kenari tersebut, telah mempunyai 21 cabang yang berada di 20 cabang di negara bagian di Amerika Serikat dan 1 cabang yang terbaru di Canada.
Yang asyik untuk dipelajari, jenis kenari ini adalah hasil silangan antara German Hartz Roller (Harzer) dan Border serta membutuhkan 4 sampai 5 tahun untuk menghasilkannya secara sistematik, tentunya. Pada dasarnya, kenari ini diternak untuk nyanyiannya tetapi juga haruslah mempunyai faktor yang atraktif, seperti bodi dan warna dalam penilaian di sebuah kontes.

Lagu American Singer haruslah mempunyai porsi yang tepat antara German Hartz Roller (Harzer) dan Border untuk memanjakan telinga pendengar, tidak terlalu keras, kasar ataupun monoton, berkualitas, kuat dan bervariasi, tanpa adanya ketukan nada lebih dari 6 kali di setiap variasi lagunya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar